PENGERTIAN
Mind mapping merupakan cara untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambilnya kembali ke luar otak. Bentuk mind mapping seperti peta sebuah jalan di kota yang mempunyai banyak cabang. Seperti halnya peta jalan kita bisa membuat pandangan secara menyeluruh tentang pokok masalah dalam suatu area yang sangat luas. Dengan sebuah peta kita bisa merencanakan sebuah rute yang tercepat dan tepat dan mengetahui kemana kita akan pergi dan dimana kita berada. Mind mapping bisa disebut sebuah peta rute yang digunakan ingatan, membuat kita bisa menyusun fakta dan fikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja otak kita yang alami akan dilibatkan sejak awal sehingga mengingat informasi akan lebih mudah dan bisa diandalkan daripada menggunakan teknik mencatat biasa.Konsep Mind Mapping asal mulanya diperkenalkan oleh Tony Buzan tahun 1970-an. Teknik ini dikenal juga dengan nama Radiant Thinking. Sebuah mind map memiliki sebuah ide atau kata sentral, dan ada 5 sampai 10 ide lain yang keluar dari ide sentral tersebut. Mind Mapping sangat efektif bila digunakan untuk memunculkan ide terpendam yang kita miliki dan membuat asosiasi di antara ide tersebut. Mind Mapping juga berguna untuk mengorganisasikan informasi yang dimiliki. Bentuk diagramnya yang seperti diagram pohon dan percabangannya memudahkan untuk mereferensikan satu informasi kepada informasi yang lain.
Manfaat Mind Mapping
a. Memberi pandangan menyeluruh pokok masalah atau area yang luas
Dengan adanya model pebelajaran mind maping ini, siswa akan bisa memberi pandangan yang menyeluruh tentang sustu materi karena mereka sudah belajar dalam cara menuangkan isi pemikiran mereka sendiri dan dan pandaapt umereka sendiri tentang suatu materi tersebut.
b. Memungkinkan kita merencanakan rute atau membuat pilihan-pilihan dan mengetahui ke mana kita akan pergi dan di mana kita berada.
Karena dalam mind map ini kita membuat sistematika atau bisa dibilang peta konsep maka kita akan bisa merencanakan rute-rute.
c. Mengumpulkan sejumlah besar data di satu tempat.
d. Mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan ktia melihat jalan-jalan terobosan kreatif baru.
Karena dalam mind map ini kita mengeluarkan pendapat atau membahasakan materi yang dipelajari dengan bahasa sndiri sehingga akan memudahkan kita untuk menemukan pemecahan-pemecahan masalah dan juga akan mendapatkan terobosan-terobosan baru yang kreatif.
e. Menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dicerna dan diingat.
Karena bentuk catatannya yang kreatif, dan tidak hanya dengan mencatat di buku dari awal sampai akir saja yang membosankan untuk dilihat,sehingga tulisan ini senang untuk dilihat.
Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping
Kelebihan Mind Mapping
a. Dapat mengemukakan pendapat secara bebas
Mand mipping adalah teknik belajar dengan cara membuat catatannn kreatif sendiri-sendiri oleh masing-masing sisiwa, sehingga ia akan bisa menuangkan idde-idenya secara bebas, atau siswa bisa mencatat materi-materi yang diberiakn guru dengan menggunakan bahasanya sendiri.
b. Catatan lebih berfokus kepada inti materi
Karena dalam model pembelajaran mind mapping ini adalah cara mencatat kreatif, dan juga dengan membuat peta-peta konsep dari materi yang diberikan sehingga siswa akan mencatat inti-inti atau bagian-bagian yang penting saja dari materi itu.
c. Dapat bekerja sama dengan teman lainnya
d. Catatan lebih padat dan jelas
Karena mindmapping ini mencatat hal-hal yang penting saja sehingga catatan akan lebih jelas kelihatannya.
Kekurangan Mind Mapping
a. Hanya siswa yang aktif yang terlibat
Karena pada mind map merupakan catatan masing-masing siswa dan pembuatan atau penulisannya tidak dipatokkan bagaimana bentuknya oleh guru sehingga ada sebagian siswa yang tidak membuat mind map dengan serius, mereka akan membuatnya pada saat akan dikumpulkan saja sehingga materi yang dim and mappingkan tidak optimal.
b. Tidak sepenuhnya murid yang belajar
Sama seperti point yang pertama, karena pembuatan mind map tidak dikontrol sehingga adasebagian siswa yang enggan untuk belajar dan membuat mind map ini.
c. Guru akan kewalahan memeriksa mind map siswa
Karena jumlah siswa dalam kelas lumayan banyak, maka akan ada banyak mind map dari satu materi yang diajarkan, sehingga guru akan kewalahan dalam memeriksa mind map siswa.
Cara Membuat Mind Map
Membuat mind map sebenarnya tidak susah, yang diperlukan hanya kemauan dan kertas untuk mencatat. Kertas yang digunakan bisa A4 atau kertas apa saja, yang penting kosong.
- Tulislah judul buku yang sedang Anda baca di tengah-tengah kertas, pertegas dengan lingkaran.
- Ketika memasuki bagian-bagian penting, buat garis yang merupakan cabang dari bagian utama.
- Ketika menemukan sub-bagian dari pokok pembahasan sebelumnya buatlah ranting untuk menghubungkan dengan bagian sebelumnya. Begitu seterusnya…
Pemetaan Pikiran didasarkan pada beberapa prinsip dasar diringkas sebagai berikut:
* Represent concepts with keywords * Mewakili konsep dengan kata kunci
* Make associations * Membuat asosiasi
* Organize into hierarchy * Mengatur ke dalam hirarki
* Visualize concepts using images * Visualisasikan konsep menggunakan gambar
* Stimulate your brain with colors and symbols * Merangsang otak Anda dengan warna dan simbol
* Order and emphasize according to importance * Orde dan menekankan menurut kepentingan
Manfaat utama dari penggunaan Peta Pikiran adalah:
* Images, colors, and associations stimulates creative thinking. * Gambar, warna, dan asosiasi merangsang pemikiran kreatif.
* Mind Mapping forces you to think actively about the things you learn. * Pemetaan Pikiran memaksa Anda untuk berpikir secara aktif tentang hal-hal yang Anda pelajari.
* Efficiency in making/taking notes. * Efisiensi dalam membuat / mencatat.
* Learning is simply more fun! * Belajar adalah hanya lebih menyenangkan!
The latter part of the book suggests many uses of Mind Maps: writing a personal diary, sharing stories within a family, thinking, teaching, making notes, presenting a lecture, and collaborating in a professional environment. Bagian akhir dari buku ini menunjukkan banyak menggunakan Peta Pikiran: menulis sebuah diary pribadi, berbagi cerita dalam keluarga, berpikir, mengajar, membuat catatan, menyajikan kuliah, dan bekerja sama dalam lingkungan profesional. For example, Boeing created a 25-foot long Mind Map summarizing an aircraft engineering manual, which helped save millions of dollars worth of staff time. Sebagai contoh, Boeing membuat Peta Pikiran 25-kaki panjang meringkas manual pesawat teknik, yang membantu menyelamatkan jutaan dolar waktu staf.
Membuat Mind Map untuk keseluruhan buku adalah bagaimana memberikan ruang yang cukupuntuk melakukan eksplorasi pokok pikiran utama di setiap bab. Ada kalanya cabang dalam satu bab memakan tempat cukup banyak sehingga menyisakan tempat terbatas untuk bab lain.
Ada yang menarik ketika berusaha meringkas buku ke dalam Mind Map yaitu Anda harus memahami buku tersebut terlebih dahulu. Mind Map merupakan catatan aktif dengan mengandalkan pokok pikiran yang dikaitkan satu sama lain. Seseorang tidak akan bisa membuat Mind Map sebelum dia sendiri memetakan dalam kepalanya apa yang hendak dicatat. Dengan demikian, proses mencatat sekaligus menjadi proses belajar. Ketika menentukan kata kunciyang dipakai, sebenarnya kita juga sedang memilih kata yang memiliki asosiasi paling kuatsehingga mampu mengingatkan kembali pada pembahasan dalam buku. Ini adalah kekuatan penting Mind Map yang menjadikannya sebuah alat untuk belajar, sekaligus alat untuk mengingat. Dengan membuat Mind Map pribadi, sebenarnya kita tidak hanya memiliki catatan di atas kertas, tetapi juga catatan di dalam kepala lengkap dengan seluruh asosiasinya.
Hal ini jauh berbeda dengan catatan konvensional di mana orang bisa mencatat tanpa harus memahami. Mungkin Anda masih ingat masa-masa sekolah dulu ketika diminta mencatat apa-apa yang ada di papan tulis atau didiktekan oleh pengajar. Dengan demikian, sering terjadi orang mencatat apa-apa yang tidak dipahaminya. Masalah muncul ketika catatan tersebut dibaca kembali, ternyata tidak dimengerti.
Adapun aspek penting lainnya ketika membuat Mind Map adalah Anda berusaha merumuskan pemahaman dan pengertian sendiri tentang buku yang dibaca. Ini sangat penting karena yang dicatat adalah pemahaman kita sebagai orang yang sedang belajar, bukan semata-mata apa yang dituliskan oleh pengarang. Karena kita yang membuat, maka isinya adalah bahasa internalyang biasa kita pakai sehingga sangat mudah diingat dan di-recall kembali ketika diperlukan.
Dengan mencatat pemahaman, tak jarang kita akan mengalami a-ha moment, yakni saat-saat di mana kita mendapat inspirasi atau pengertian baru dari apa yang dicatat. Ibarat seorang yang sedang mendiktekan pemahaman kepada dirinya sendiri, tiba-tiba muncul suatu pengertian, pemahaman, ataupun hubungan antara topik yang dibahas dengan tema-tema berkaitan yang pernah dipelajari sebelumnya.
Daftar Pustaka
Buzan, Tony. (1998). SUPER-CREATIVITY. New York: St. Martin's Press.
tampilan blognya diperbaiki lagi ya...belajar cara mengedit gambarnya...
BalasHapus